welcome to lordzaelon blog

Jumat, 03 November 2017

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan


Sakit perut merupakan keluhan yang umum terjadi. Lokasi bagian perut yang terasa sakit dapat menjadi petunjuk penyebabnya. Salah satu yang sering dikeluhkan adalah sakit perut sebelah kanan.

Ada beberapa jenis rasa sakit yang dapat terasa pada perut. Mulai dari sakit yang tidak mengganggu, kram, hingga rasa sakit tajam yang terasa menusuk. Selain itu terdapat jenis sakit perut yang perlahan-lahan bisa terasa tidak tertahankan, lalu mereda kembali. Kondisi ini juga perlu dicermati apakah rasa sakit menjalar ke arah tertentu beserta gejala-gejala lain yang mengiringi.

Alasan Utama Kondisi Ini

Beberapa kondisi yang umumnya dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan, berbeda dengan sakit perut sebelah kiri.
  • Radang usus buntu atau apendisitis. Kondisi ini terjadi ketika terjadi penyumbatan pada usus buntu akibat infeksi, sehingga terjadi pembengkakan yang perlu diatasi secepatnya. Apendisitis ditandai dengan rasa sakit perut sebelah kanan bawah yang diiringi dengan mual, muntah, dan demam.
  • Batu empedu. Batu ini terbentuk di dalam kantong empedu. Ada batu empedu kolesterol dan batu empedu pigmen yang berwarna coklat atau hitam. Batu empedu dapat menyebabkan rasa sakit pada perut sebelah kanan atas dan terasa menjalar hingga punggung bagian atas, bahu dan dada. Selain itu, bisa diiringi gejala mual dan muntah.
  • Hepatitis. Rasa sakit di bagian kanan atas perut pada penderita hepatitis C diduga berkaitan dengan meningkatnya cairan dalam perut karena kinerja hati yang menurun dan akibat gangguan dalam pencernaan lemak dari makanan. Sakit perut bisa diiringi gejala-gejala lain, seperti mual, muntah, menurunnya selera makan serta warna feses yang pucat dan urine yang berwarna keruh.
  • Kehamilan ektopik. Yaitu kehamilan yang terjadi di luar rahim, umumnya di bagian tuba fallopi. Sakit yang dirasakan adalah di bagian bawah perut sebelah kanan, tapi juga dapat terasa di bagian kiri. Rasa sakit tergantung kepada di mana posisi menempelnya sel telur yang sudah dibuahi.
  • Kista ovarium. Kista yang terbentuk di dalam rahim merupakan salah satu alasan infertilitas, selain itu dapat menyebabkan kanker ovarium. Rasa sakit yang dikeluhkan beragam, mulai dari rasa sakit tingkat menengah hingga tingkat parah pada perut sebelah kanan bagian bawah. Rasa sakit itu kemudian dapat menyebar ke perut bagian bawah dan selangkangan atau pangkal paha.

Lokasi Rasa Sakit Juga Bisa Menjadi Penyebab

Selain lima penyebab umum di atas, sakit perut sebelah kanan juga dapat diklasifikasikan berdasarkan lokasi, yaitu di atas atau di bawah.

Untuk sakit perut sebelah kanan bagian bawah dapat disebabkan:
  • Cedera.
  • Gangguan leher rahim.
  • Endometriosis.
  • Batu ginjal.
  • Hernia inguinalis.
  • Gastroenteritis akibat virus.
Sedangkan, sakit perut sebelah kanan bagian atas dapat disebabkan oleh:
  • Gastritis.
  • Hernia hiatus.
  • Tukak lambung.
  • Pneumonia atau radang paru-paru.
  • Batu ginjal, infeksi atau kanker pada ginjal.
  • Radang saluran empedu atau kolangitis.
  • Radang atau kanker pankreas.
  • Kanker kantung empedu.

Upaya Mengatasi Gangguan Kesehatan Ini

Beragam penyebab dapat memicu sakit perut sebelah kanan. Bisa saja hanya merupakan sakit perut biasa ataupun infeksi virus atau bakteri, namun tidak tertutup adanya kemungkinan disebabkan oleh kondisi medis yang lebih serius.
Untuk membantu meringankan rasa sakit pada perut, coba lakukan dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil. Jangan sembarangan mengonsumsi obat-obatan bebas, seperti aspirin atau ibuprofen, yang justru dapat memperparah rasa sakit.
Jika sakit perut tidak mereda dan terus berkelanjutan, segera konsultasikan kepada dokter. Hindari menunda-nunda pemeriksaan.
Untuk mengatasi sakit perut sebelah kanan, maka harus dilakukan berdasarkan diagnosis yang dilakukan dokter. Jika diperlukan, dokter dapat melakukan tes berupa CT Scan dan X-ray.

Kenali Tanda-tanda Darurat

Sakit perut harus segera mendapat pertolongan dokter atau tenaga medis jika terjadi akibat trauma seperti cedera atau kecelakaan, atau sakit perut yang bersamaan dengan rasa sakit atau menekan pada dada.
Demikian juga jika sakit perut yang terjadi sangat parah sehingga Anda tidak mampu duduk, ataupun sakit perut yang diiringi buang air besar berdarah, mual dan muntah berkelanjutan, kulit berwarna kuning,  atau bengkak pada perut.
Segera konsultasikan kepada dokter jika Anda mengalami sakit perut sebelah kanan, terutama jika terjadi secara berkepanjangan hingga mengganggu aktivitas Anda. Selain itu, hindari pula upaya mengatasi sakit ini dengan mengonsumsi obat-obatan bebas karena jika tidak cocok berisiko membuat kondisi sakit menjadi lebih parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar