welcome to lordzaelon blog

Selasa, 26 Desember 2017

Penggunaan Energi Listrik Secara Bijak Bersama Jasa Instalasi Listrik Profesional

Sebagai Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui, listrik tidak bisa didaur ulang kembali. Jika habis, akan diproduksi lagi. Lama kelamaan juga akan langka dan habis jika kita tidak menjaga kelestariannya. Jangan hanya karena jumlahnya yang melimpah saja, kita menjadi boros listrik. Padahal pada saat kita mengandalkan jasa instalasi listrik pun kita akan disarankan untuk hemat listrik. 

Keberadaan tukang listrik bukan hal finish yang menjadi solusi saat ketersediaan energi listrik habis atau berkurang. Karena tukang listrik hanya bertugas memperbaiki dan membantu memelihara saja. Tidak mampu menghasilkan listrik. Maka dari itulah kita harus bijak dengan penggunaan listrik.

Berikut adalah tips cerdas dalam menghemat listrik :
1.      Selalu kontrol alat listrik setiap waktu secara teratur walaupun belum ada masalah. Hubungi jasa instalasi listrik andalan dan langganan untuk mengecekkan. Jangan menunggu ada masalah, karena bisa saja ada masalah dibalik kondisi alat listrik yang bagus secara kasat mata.  Hanya kejelian tukang listrik yang mengertinya.
2.      Segera perbaiki saat ada masalah. Jangan dibiarkan saja, karena bisa menjalar dan merusak semua komponen listrik di rumah. Biaya perbaikan akan semakin besar.
3.      Matikan jika sudah tidak perlu. Hal ini penting untuk menjaga kualitas alat listrik dan barang elektronik. Selain itu bisa membuang-buang energi listik. Biaya bulanannya pun akan lebih mahal daripada biasanya.
4.      Besihkan alat listrik secara teratur dengan cara yang sederhana. Yang bisa dijangkau saja, sehingga tidak bergantung pada tukang listrik
5.      Menyalakan alat elektronik yang diperlukan saja. Jangan dinyalakan semuanya, karena akan menyebabkan beban daya yang besar. Alhasil bisa menyebabkan KWh meter mati sendiri. Semakin sering mati akan membuat alat listrik rusak. Akan membutuhkan biaya yang lebih besar lagi
6.      Memilih alat elektronik dengan daya yang sesuai dengan daya listrik di rumah, sehingga meminimalisir masalah kelistrikkan. Alat elektronik yang berdaya besar akan menyerap lebih banyak arus listrik yang seharusnya bisa digunakan untuk alat lainnya.
7.      Matikan semua alat elektronik saat akan meninggalkan rumah. Nyalakan satu atau dua lampu saja. Bisa lampu teras dan satu lampu ruangan rumah.
8.      Lestarikan air sebagai sumber utama penghasil listrik. Jika air langka, pasokan listrik akan berkurang.
9.      Matikan lampu di siang hari. Sudah ada cahaya matahari yang menyinari sebagai gantinya lampu. Kesempatan menghemat listrik bukan di siang hari. Karena lampu mati, sedangkan alat elektronik lainnya sedang gencar beroperasi. Namun setidaknya, mematikan lampu bisa mengurangi beban listrik.
10.  Pilih tukang listrik profesional yang bisa dijadikan partner dalam merawat listrik. Hal ini penting, karena instalator lebih mengerti apa yang terbaik untuk listrik.


Penghematan listrik jangan sampai diabaikan begitu saja. Ini penting dan harus diaplikasilkan agar ketersediaan listrik tidak terganggu. Perawatannya tidak perlu mahal, yang penting didampingi ahlinya, yakni jasa instalasi listrik. Semuanya menjadi aman terkendali. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar